Cara Upgrade VGA Laptop

Cara Pasang VGA Card Di Laptop


Upgrade VGA Card Laptop ?
Apa benar VGA laptop bisa di Upgrade ?
Kenapa tidak sekalian saja untuk Build PC atau Komputer saja ?
  • jawabannya Adalah BISA.
  • Untuk membuild PC atau Komputer untuk Gaming di perlukan dana yang sangat luman besar, karena itu dengan hanya mengupgrade VGA pada Laptop kita bisa meminimalis pengeluaran dana.
Lalu bagai mana caranya ?
Dan apa saja yang dibutuhkan untuk proses upgrade VGA di Laptop ?
Oke, silahkan ikuti tahap demi tahap proses untuk Upgrade VGA Card Laptop, yang akan saya bahas dan menjelaskan caranaya pada postingan saya ini;
pertama - tama alat atau Komponen yang di butuhkan untuk Upgrade VGA laptop;

  • Komponen;
  1. exp GDC v8.0 atau v8.4 ( saya menggunakan exp GDC v8.0)
  2. VGA Card Dekstop/Komputer biasa (Saya menggunakan VGA Gigabyte GTX 760 ti 4GB)
  3. Monitor External (Bisa menggunakan TV LED ataupu Monitor PC Biasa)
  4. Power Supply ATX 80+ ( Bisa menggunakan PSU bekas Komputer)
  5. Laptop
Note; - Untuk memilih Docking Vga exp GDC v8.0 atau v8.4 ada 3 (tiga) jenis Inpute Interfacenya.
  • Mini PCI-e Beast
  • Expresscard W / Cable AC773
  • NGFF M.2/ E Key
Pilihlah sesuai dengan Laptop masing - masing, untuk memastikan Laptop yang kita miliki socket atau slot inpute interface, kita harus tau terlebih dahulu jenis socket WI-FI Card pada Laptop kita itu menggunakan jenis Slot atau Socket apa? karena input interface dari exp GDC ini nantinya akan kita colokan atau pasangakan ke socket wi-fi card laptop kita, apakah menggunakan socket Mini PCI-e, atau juga menggunakan Socket M.2 NGFF, caranya cukup mudah, hanya dengan membuka tutup atau cover belakang pada laptop, yang biasanya terdapat RAM Hard Disk, dan juga WI-FI card.
berbeda dengan laptop yang sudah di tersedia socket Express card, yang bisa kita lihat pada bagian samping atau sisi laptop terdapat lubang atau socket untuk Expresscard tersebut. dan tidak perlu untuk membuka cover bagian belang laptop.

               - Untuk VGA Card pilihlah VGA yang support listnya sudah ada driver v372 . 70 WHQL, di karenakan Docking VGA External exp GDC v8.0 / 8.4 itu hanya bisa digunakan atau dipasangankan dengan vga yang sudah ada support List Driver v372.70 WHQL, untuk masalah driver kalian bisa mendupdatenya ke versi yang paling baru. dan alangkah baiknya pilih juga Vga Card yang sudah Include Blackflate, Unduhlah Driver VGA Card sesuai dengan driver VGA kalian


            - Untuk masalah Sertifikasi Laptop yang dapat atau bisa dipasangkan Docking VGA external ini harus sudah menggunakan Processor sekelas Sandy Bridge keatas, Tidak bisa untuk processor laptop Intel Core I Generation 1 (Satu), Laptop yang saya gunakan dan sertifikasi Laptop saya ini adalah Laptop Keluaran Acer Aspire E1-431 yang sudah memiliki sertifikasi di bawah ini;

  •  Acer Aspire E1-431
  • Processor : Intel B820 1.7 GHz ( sudah saya Upgrade Ke Intel Core I5 3360m)
  • Memorry RAM 2 Gb ( Sudah saya Upgrade menjadi 8 Gb RAM)
  • Vga Card Intel HD Graphics 3000, dan Berubah saat Upgrade Processor Menjadi Intel HD Graphics 4000, Dan sekarang di tambahkan dengan VGA External Gigabyte GTX 760 Ti 4 Gb, menggunakan Exp GDC.
laptop tua kesayangan saya ini dapat berjalan tanpa Monitor tambahan, pada waktu menggunakan Exp GDC, maka jika kalian memiliki laptop yang sama seperti laptop yang saya miliki ini, kalian tentu saja bisa untuk mencoba upgrade VGA Card laptop menggunakan Docking exp GDC, dan jika kalaian ingin mengetahui bisa atau tidaknya laptop kalian dipasangkan Exp GDC ini, kalian dapan mencoba mencarinya sendiri pada mesin pencarian Google dengana kata kunci "exp GDC Acer Aspire E1-471" itu hanya contoh kata kuci untuk mencari List daftar Kompabilititas exp GDC. 


Sebelum kita memulai Proses Pemasangan exp GDC, kita harus Uninstall Wifi Driver pada laptop.

  • Nonaktipkan Koneksi yang terhubung pada laptop
  • Buka "Device Manager" pada Control Panel
  • "Network Adapters"
  • Klik kanan pada "Intel(R) Centrino(R)  Wireless" - Klik Uninstall, Beri tanda "Ceklis" pada kotak "Delete The Driver SoftwareFor This Device"
  • Klik "OK"
  • Matikan Laptop.

Cara Pasang exp GDC Mini PCI-e v8.0/v8.4

  1. Lepaskan Charger dan Batre lpatop yang masih terpasang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginnkan saat pemasangan Docking Vga.
  2. Buka Cover atau tutup pada bagian laptop untuk melepaskan kabel antena dan Wifi Card yang masih terpasang, lalu pasangkan kabel HDMI to Mini PCI-e pada Socket Wifi yang sebelumnya sudah kita lepaskan, lalu hubungkan kabel HDMI Mini PCI-e ke slot Male pada Boar exp GDC nya.
  3. hubungkan kable 8 pin to 20 pin  dan 4 pin ke Power Supply, hubungkan socket 20 pin ke power suplly yang biasa di hubungkan ke Motherboard, lalu untuk yang 4 Pin, Hubungkan ke 4 pin power Supply yang biasa di pasang ke CPU, JANGAN sambungkan ke 4 pin PSU yang di gunakan untuk Motherboard.  untuk lebih jelasnya Lihat gambar yang telah saya lampirkan di bawah ini; 
  4. pasangkan Graphics Card atau VGA card pada Board exp GDC, jika memiliki vga card yang membutuhkan tambahan pasokan power listrik dengan socket 8 pin dan 6 pin, bisa langsung di hubungkan ke PSU. biasanya di hubungkan pada kabel dengan warna hitam dan kuning.
  5. Hubungkan Monitor External ke VGA.

Hidupkan laptop Sebelum Booting ke Windows, masuk ke BIOS setup, dengan cara menekan "F2" pada keyboard, Untuk menonaktifkan DGPU;

  • Bios Setup
  • Advanced
  • PXE Boot (Network Boot), ubah dari Enable Ke Disable 
  • lalu Klik Save Dan Reboot ke Windows.
Setelah Laptop Berhasil Masuk Ke tampilan awal maka akan Secara Otomatis tebuka jendela baru dengan bertuliskan "Driver Software Installation" Tunggulah hingga selesai, dan jangan langsung Restar Laptopnya, klik saja "Restart Later", selanjutnya instal Driver Graphics Card yang sudah di siapakan sebelumnya, tungulah sampai Proses installasi selesai, jika sudah selsai restart laptop kalian.
jika sudah selesai Restar Laptop, buka Device Manager pada Control Panel - Display adapter, lihat apakah sudah terbaca secara sempurna VGA Card yang kita pasangkan pada Docking VGA External exp GDC, jika terlihat seperti gambar di bawah ini maka itu menandakan keberhasilan kita dalam Upgrade VGA Laptop.
Selesai Sudah tutorial Cara Upgrade Vga LAptop Menggunakan Docking VGA External exp GDC v8.0/8.4

Kekuranga Dan Kelebihan exp GDC v8.0/v8.4

Kelebihan; 
  • Meningkatkan Performa Laptop
  • Meminimalis Budged dari pada harus Membuidl PC gaming.
  • dapat memainkan Game berat keluaran tahun 2018


Kekurangan;
  • Tidak Bisa menangkap Signal Wifi
dan di bawah ini adalah Video Test Playing PUBG menggunakan exp GDC v8.0;


Oke itu saja yang saya berikan atau jelaskan untuk proses dan cara Upgrade VGA Laptop Dengan biaya yang cukup terjangkau, dan jika ada yang ingin di tanyakan, bisa langsung di tanyakan atau di tuliskan pada kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah.
Mudah - mudahan bisa bermaanfaat untuk semua, dan jangan lupa untuk klik Suka FansPage Facebook saya agar dapat memdapatkan Info dan tutorial lainnya, Mohon bantu Support saya dalam ngelolah web atau blog ini dengan membagikannya ke sosial media kalian.

saya ucapkan banyak terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan saya ini.


Previous Post
Next Post

14 comments:

  1. halo gan ada nomor wa ga gan, saya masih bingung ni sya mau nanya lebih jelas lg tentang upgrade vga external, sya pengguna laptop sama kyak punya agan acer e1-431. mhon bantuan nya gan, Terima ksih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf late respone, kl bisa di tanyakan langsung di sini aja ya gan.

      Delete
  2. maaf gan mohon bantuannya laptop saya acer e1 471 ketika hidup gambar gerepek" lalu blakscreen grafiknya intel hd 3000 kalau upgrade prosesor bisa sembuh gk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cek terlebih dahulu gan, apakah laptop nya agan bisa di upgrade processor nya atau tidak ?
      kemungkinan bisa normal kembali gan, karna kalau sudah memakai VGA external, display yang di tampilkan sudah tidak lagi menggunakan vga internal laptop agan.

      Delete
  3. Laptop saya Acer Es1 -421 88qx .
    procesorr Amd A8 6410 dengan vga integrated r5 .
    udah saya upgrade ram dual channel 8 GB.nah kira kira apakah bisa saya upgrade vga externalnya dengan gtx 1060 .apa nggak bottleneck kah?

    ReplyDelete
  4. Gan, laptop saya sama Acer aspire e1 431 sudah saya upgrade prosesor i5 sama ram 8gb, untuk pemasangannya apakah perlu monitor eksternal atau gk gan, apakah cara no 5 yg hubungkan monitor eksternal ke VGA harus dilakukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau laptopnya sama persis seperti laptop ane, bisa gan tanpa monitor external. dulu sebelum ane pakai Monitor external, ane pakai internal lansung dan berjalan ngaciirrr

      Delete
  5. kalau pakai M.2 apakah harus unistall wifi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau socket Wifi cardnya M.2 juga, ya harus di lepas wifi card nya, lalu di pasangin Docking Vga nya

      Delete
  6. Gan ketika upgrade ke i5-3360m lancar ga? Mulai dr booting, vga, dll

    Ane penggunan acer e1-431 mau upgrade ke i5-3210m

    Maaf sebelumnya oot

    ReplyDelete
  7. Gan saya dh coba laptop saya sama e1 431, upgrade processor core i5 3320M.
    Kenpa ya tidak terdeteksi di device manager Asus gtx 950 oc. Apakah memang hrus colok external monitor, jika tidak colok exterbal monitor tidak akan terdeteksi? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  8. gan laptop saya fujitsu fmvwra1 core i5 4210M. saya mau upgrade vga laptop dengan vga eksternal RX570, tapi di device manager vga saya tidak muncul. mohon bantuannya

    ReplyDelete

Please give your comments.
Leave Your Impressions Here, Because Your Comments are very valuable to me, in managing this Web site.
thank you